Perusahaan Jual Beli Online Pertama di Dunia



Sejak tahun 2000an, tren untuk berbelanja online sudah mulai terlihat dan hingga saat ini terus meningkat secara drastis. Ya, tentu saja belanja online menjadi semakin populer karena  menghadirkan beberapa kelebihan yang tidak ditawarkan oleh cara belanja konvensional, salah satunya adalah kenyamanan untuk berbelanja dimana saja dan kapan saja. Mulai dari pemilihan barang, membandingkan harga, pembelian, dan transaksi pembayaran bisa dilakukan secara elektronik dan sangat mudah.
Kegiatan belanja online ini tentu saja didukung dengan kemajuan tekhnologi internet untuk transfer data, informasi dan transfer uang secara elektronik yang sudah ditemukan sejak awal tahun 1970an. Kombinasi dari tekhnologi tersebut yang memungkinkan kita untuk bisa beraktifitas ekonomi dan berbelanja secara online/ lewat internet lebih lanjut disebut dengan e-commerce. The Boston Computer Exchange, marketplace untuk peralatan komputer bekas diklaim sebagai contoh kegiatan e-commerce yang pertama di dunia pada tahun 1982.
Dengan semakin berkembangnya tekhnologi untuk kartu kredit, mesin ATM, dan telephone banking evolusi dari e-commerce memasuki tahap selanjutnya. Pada tahun 1990an dikatakan oleh para ahli merupakan tahun berubahnya haluan bisnis konvensional menjadi bisnis yang lebih berorientasi pada jaringan dan memanfaatkan jaringan internet sebagai basis dan sumber daya yang baru. Kehadiran Amazon pada tahun 1994 telah menjadi jalan pembuka untuk perusahaan e-commerce lain yang kita kenal saat ini. Amazon dikenal sebagai bisnis dengan konteks murni sebagai sebuah perusahaan berbasis e-commerce pertama di dunia.
Amazon yang didirikan oleh Jeff Bezos kini telah menjelma sebagai salah satu e-commerce paling dikenal dan berpengaruh di dunia. Berawal sebagai sebuah perusahaan kecil untuk jual beli buku online, kini Amazon sudah memiliki lebih banyak jenis barang yang dijual seperti elektronik, DVD, game, pakaian, sepatu, alat kecantikan dan kesehatan bahkan peralatan rumah tangga dan kantor. Hal yang cukup mengejutkan dari perusahaan sebesar Amazon adalah dengan investasi besar pada warehouse, peningkatan kapasitas barang dan sistem pengiriman, Amazon baru mendapatkan annual profit pertamanya pada tahun 2003 atau hampir 10 tahun setelah berdiri.
Nama Amazon sendiri diambil dari nama salah satu sungai terbesar di dunia yang terdapat di benua Amerika dan nama ini dipilih sendiri oleh Jeff Bezos sebagai founder. Selain nama yang unik, logo Amazon pun memiliki makna yang unik. Walaupun terlihat seperti tulisan biasa, namun anak panah dari huruf A ke Z yang terselip pada logonya melambangkan bahwa di Amazon, semua bisa ditemukan, semua barang tersedia, mulai dari A sampai Z. Pada tahun 1999, Jeff Bezos dipilih oleh majalah Time untuk menerima penghargaan sebagai “ Person of the year”, untuk mengabadikannya sebagai figur paling dikenal di seantero komunitas di industri e-commerce dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertamina Mandalika International Street Circuit dan Kebangkitan Industri Pariwisata Lombok

Sejarah Jual Beli Online